Minggu, 12 Maret 2017

Pengertian Game, Tugas 1

Fadel Alfarabi Yuza
53414729
3IA20
BAB 1

PENDAHULUAN

Konsep Game
            Konsep game adalah ide awal dalam pembuatan game. Jika kita ingin membuat segala sesuatu, tentu saja kita harus memikirkan tujuan dari apa yang kita buat, alur cerita, ataupun lainnya. Jika kita tidak memiliki konsep, pasti apa yang kita buat tidak akan jadi. Terutama dalam pembuatan game. Dalam pembuatan game, kita harus memikirkan genre apa yang akan kita buat untuk game kita ini, tokohnya, ataupun latar nya.

Pengertian Game
            Game adalah permainan yang menggunakan media elektronik, merupakan sebuah hiburan berbentuk multimedia yang di buat semenarik mungkin agar pemain bisa mendapatkan sesuatu sehingga adanya kepuasaan batin. Bermain game merupakan salah satu sarana pembelajaran.

Jenis – Jenis Game
            Pada zaman sekarang, seiringnya perkembangan teknologi, semakin banyak pula jenis jenis game yang bias kita mainkan, diantaranya :
a.       PC Games
PC games adalah sebuah permainan yang dimainkan di computer ataupun laptop.
b.      Console Games
Console games adalah jenis permainan yang kita kenal sebagai Play station 1 – 4, X-BOX 360, pada zaman dahulu kita mengenal SEGA, dan masih banyak lagi yang lainnya
c.       Handheld Games
Handheld Games adalah sebuah permainan yang dimainkan pada perangkat kecil, seperti Nintendo DS dan PSP

d.      Mobile Games
Dan yang terakhir yaitu mobile games. Menurut saya ini adalah salah satu jenis game yang paling favorit pada zaman sekarang ini. Karena permainan di handphone bisa kita dapatkan secara gratis, game nya yang seru, dan kita tidak perlu lagi membawa perangkat tambahan hanya karena ingin bermain game.



Teknologi Game

Bisnis Dalam Game Komputer
            Pada zaman yang canggih seperti sekarang ini, video dan komputer game telah menjadi bentuk yang paling dominan hiburan bagi kaum muda Amerika. Tidak butuh perusahaan seperti Leap Frog lama untuk memahami bahwa permainan pendidikan akan menjadi gelombang masa depan bagi anak-anak untuk belajar dasar-dasar dengan edutainment ini lahir. game sekarang digunakan sebagai alat pendidikan untuk anak-anak dan orang dewasa. Penulis buku laris Robert Kiyosaki Rich Dad Poor Dad ketenaran menggunakan papan permainan, game komputer dan bahkan bekerja pada permainan berdasarkan multiplayer Web untuk mengajarkan pendidikan keuangan.
            Lain halnya di negara Jerman, setiap orang ketiga yang berusia di atas sepuluh tahun bermain dengan game komputer digital dan di hampir setengah rumah keluarga yang memiliki anak terdapat perangkat elektronik untuk itu. Perangkat lunak games yang dibutuhkan menyediakan pekerjaan kreatif untuk sekitar 10 ribu pengembang game. Perputaran bisnis tahun lalu mencapai hampir 2 milyar Euro.

3D Engine
            Di dalam grafika komputer, 3D merupakan bentuk grafik yang menggunakan representasi data geometri tiga dimensi. Grafik 3D ini tersimpan didalam komputer untuk keperluan kalkulasi atau rendering gambar 3D. Pada 3D, engine bukanlah exutable program, artinya engine tidak bisa dijalankan sebagai program yang berdiri sendiri.
3D engine adalah sistem perangkat lunak yang dibuat dan dirancang untuk menciptakan dan mengembangkan gambar 3D, fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render (renderer) untuk 2D/3D grafis. dukungan Java terhadap grafik 3D diletakkan ke dalam API terpisah, yakni Java3D. Java3D merupakan API 3D berbasis scene graph di platform Java, dimana scene graph merupakan sebuah pohon yang berisi hierarki data scene.


Scene Graph
            scene graph merupakan inti dari Java3D. Sebuah scene graph merupakan g rafik yang mempresentasikan geometri, material, dan pencahayaan. Scene graph dimulai dari root dengan sebuah Virtual Universe dan mencakup transformasi serta geometri untuk mendefinisikan objek di dunia maya. Secara garis besar, ada tiga tahap fundamental yang diperlukan untuk menghasilkan objek 3D, yaitu:


a)      Menciptakan objek Canvas3D
b)      Menciptakan sebuah scene graph
c)      Menghubungkan objek Canvas3D ke objek BranchGroup yang menunjuk root dari scene graph   

-          OGRE 3d
Ogre (Object-Oriented Graphics Rendering Engine) adalah sebuah adegan yang berorientasi, fleksibel mesin render 3D (sebagai lawan dari mesin permainan) ditulis dalam C + + dirancang untuk membuatnya lebih mudah dan intuitif bagi developer untuk menghasilkan aplikasi dengan menggunakan hardware-accelerated grafis 3D. ORGE (Object Oriented Graphics Rendering Engine) ialah engine yang object oriented dan fleksibel 3D rendering pada game engine yang ditulis dalam bahasa C++ serta di desain untuk mampu men-development dengan intuitif dan mudah kepada aplikasi produksi dengan menggunakan utility hardware-accelerated 3D graphics.

-          Processing
Processing dibuat dengan tujuan untuk mempermudah pemrograman grafis yang bersifat interaktif. Processing adalah software yang sangat cocok digunakan untuk membuat gambar, animasi dan interaksi. Tujuan lainnya saat awal software ini diinisiasi adalah bagaimana membuat bahasa pemrograman untuk pengajaran di bidang seni dan desain kepada para siswa di bidang pemrograman grafis. Ide pembuatan Processing diawali sejak tahun 2001. Para pendiri Processing berusaha mencari cara yang lebih baik dalam pembuatan skrip program yang saat itu cukup rumit jika direalisasikan dengan Bahasa Pemrograman C++. Processing lebih fokus pada grafis dan interaksi ketimbang pada struktur data.

-          Game Maker
Game Maker adalah sebuah game engine yang bisa membantu anda membuat sebuah game komputer tanpa menggunakan codingan yang banyak dengan bahasa programan. Dengan game maker anda dapat membuat game 2D, 3D atau multiplayer, dan anda juga mempunyai hak penuh terhadap game yang anda buat.

-          Unity 3D
           Unity 3D adalah sebuah game engine yang berbasis cross-platform. Unity dapat digunakan untuk membuat sebuah game yang bisa digunakan pada perangkat komputer, ponsel pintar android, iPhone, PS3, dan bahkan X-BOX. Unity adalah sebuah sebuah tool yang terintegrasi untuk membuat game, arsitektur bangunan dan simulasi.
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Pengantar Komputasi Modern (Softskill)

Nama Dosen : Lely Prananingrum Nama Kelompok :     Bima Prasetya Adi Pratama (52414176)     Dede Kusuma (52414614)     M. Gust...